Membuat suatu halaman dalam blog bertujuan untuk memudahkan para pengunjung blog kita dalam menelusuri suatu halaman. Contohnya saja seorang pengunjung ingin pergi ke daftar isi, maka agar si pengunjung merasa mudah kita harus membuat suatu halaman dalam blog kita yang isinya hanya untuk daftar isi (untuk contohnya lihat di menu blog ini ==> Daftar Isi). Agar halaman blog yang kita buat tidak menggeser posisi postingan kita, maka pembuatan halaman blog tersebut bisa kita akali dengan cara mengubah beberapa data untuk halaman blog tersebut.

lalu apa tujuan dari mengubah data untuk halaman blog tersebut? Mungkin teman-teman akan berpikir seperti itu, namun pengubahan ini hanya bersifaf opsional, dilakukan boleh, gak juga gak apa2. Seperti yang telah saya katakan tadi, hal ini dilakukan agar postingan yang berada di blognya sobat tidak tergeser oleh halaman yang isinya daftar isi saja, maka halaman yang isinya daftar isi saja akan lebih baik jika diletakkan sebagai postingan terlama (older post). Oleh karena itu bagi teman-teman yang ingin membuat halaman blog yang posisinya sebagai "older post" maka bisa menggunakan trik berikut:

1. Silahkan login ke blogger, lalu klik "Entri Baru".

2. Silahkan buat halaman apa saja yang anda inginkan, contohnya saja daftar isi (NB: kalau ingin buat halaman daftar isi, ada bagusnya teman-teman mencoba widget sitemap otomatis).

3. Selanjutnya yang harus teman-teman lakukan yaitu mengubah data tanggal, bulan, serta tahun penerbitan entri yang berada di bagian "opsi entri" [] dari tahun/bulan/tanggal sekarang ke tahun/bulan/tanggal yang lalu (lebih tua dari pada sekarang), contoh:

Waktu Sekarang







Waktu Lebih Tua






Dengan trik di atas, maka postingan baru berupa halaman daftar isi yang teman-teman buat tidak akan muncul di halaman utama blog anda (home page) atau tidak akan muncul sebagai postingan terbaru.


Selanjutnya klik tombol "Terbitkan Entri", dan jangan lupa untuk mengambil link halaman (postingan) yang baru teman-teman buat















Barulah sekarang teman-teman bisa menyediakan suatu link yang langsung merujuk ke suatu halaman yang telah teman-teman buat. Selamat mencoba





Semoga Bermanfaat []

0 komentar:

Post a Comment

Anda sopan saya segan..Titip Alamat blog anda disini pasti akan saya kunjungi balik

 
Top