saya akan mengajak Anda untuk mengenal tradisi pernikahan di salah satu negaradi dunia, yaitu Korea. Negara yang terkenal dengan film-film komedi danmelow, seperti “Full House”, “Coffee Prince”, dan “Boys BeforeFlowers”, ini ternyata memiliki tradisi pernikahan yang unik loh.

Awalnya,para teman dekat pengantin pria akan beramai-ramai membawakan hadiahpertunangan ke rumah calon pengantin wanita. Hadiah itu dimasukkan kedalam kotak yang diberi nama hahm. Para pengantar hadiah pertunanganini akan tiba di rumah sang pengantin wanita, lengkap dengan kostum danwajah yang dipoles menajdi hitam, lalu meraka akan bernyanyi.

http://tslandwb.files.wordpress.com/2009/02/korea-entertainment-016.jpg

Parapembawa hadiah ini akan berhenti di depan rumah sang calon pengantinwanita, dan meneriakkan “Hahm untuk dijual, hahm untuk dijual!”. Lalukeluarga sang calon pengantin wanita akan menghampiri mereka sambilmenawarkan uang. Kegiatan ini bisa disebut sebuah negosiasi, dantentunya negosiasi yang menyenangkan juga penuh tawa.



Pestapertunangan sendiri sekarang ini lebih sering diadakan di rumah makan.Dan sang calon pengantin wanita mungkin akan mengenakan hanbok (pakaiantradisional untuk acara pertunangan). Untuk hiburan, biasanya anggotakeluarga akan berkaroke ria.

http://gallery.crandallconsulting.org/albums/cali2005/Traditional_Korean_wedding_ceremony.jpg

Sebelumpernikahan dilangsungkan, calon pengantin pria akan memberikan sebuahhadiah pada calon ibu mertuanya berupa sebuah angsa liar yang masihhidup. Namun sekarang ini lebih sering memberikan boneka angsa yangterbuat dari kayu. Angsa ini menandakan sang calon pengantin pria akanmerawat anak perempuannnya seumur hidup.

http://hystudio.files.wordpress.com/2008/01/bowers_museum_korean_wedding_ceremony_20080104_03.jpg

Pernikahantradisional Korea diselenggarakan di rumah sang pengantin wanita.Sedangkan sumpah pernikahan dilakukan dalam upacara yang dinamakankunbere. Kedua pengantin akan saling membungkuk lalu meminum anggurkhusus dari sebuah labu yang ditanam oleh ibu sang pengantin wanita.



Beberapahari seteleh upacara pernikahan, kedua pengantin akan mengunjungikeluarga sang pengantin pria untuk menjalani upacara pernikahan lainnyayang disebut p’ye-baek. Sang pengantin wanita akan menawarkan korma danchestnuts kepada orangtua pengantin pria. Hal ini melambangkananak-anak.Lalu orangtua akan menawarkan sake, dilanjutkan melemparkorma dan chestnuts pada sang pengantin wanita yang mencoba menangkapkeduanya mengunakan pakaian pengantinnya.Di Amerika, upacara p’ye-baekdilakukan pada hari pernikahan.

http://news.xinhuanet.com/english/2009-04/10/xinsrc_30204061021148901841157.jpg

Perjamuanmakan dalam pernikahan tradisional Korea sangatlah sederhana. Bahkanhanya dibutuhkan sup mi, dan faktanya pesta perjamuan makan Koreadisebut kook soo sang yang berarti “perjamuan mi.” Mi yang panjangmelambangkan kehidupan yang panjang dan bahagia. Mi akan direbusbersama kaldu sapi dan hiasan lainnya serta sayuran. Dok, atau kueketan biasanya menjadi hidangan yang disajikan dalam sebuah acara dinegara ini, khususnya di pernikahan.

0 komentar:

Post a Comment

Anda sopan saya segan..Titip Alamat blog anda disini pasti akan saya kunjungi balik

 
Top