Inilah 10 Cara Menjadi Gemuk yang Sehat

Sebelum anda mencoba berbagai tips untuk menggemukkan berat badan anda, tapi anda tidak juga merasa gemuk, sebaiknya baca tulisan ini karena mengandung informasi lengkap tentang bagaimana menggemukkan badan secara sehat.

Mempertahankan berat badan tidak cukup hanya memperhatikan makanan berkalori semata, tapi perlu mencermati kegiatan sehari-hari dan kondisi kesehatan tubuh.

Berikut ini sejumlah kiat dari dr. Belinda Christina, dosen FK Unika Atma Jaya Jakarta, tentang cara sehat menjadi tidak kurus.



Bagaimana wanita yang bertubuh sexy itu sebetulnya? Ya, wanita yang tubuhnya sesuai dengan pola bertumbuhnya. Kita tahu bahwa setiap orang mewarisi pola dan bentuk tubuh dari garis keturunannya. Yang pinggulnya tidak lebar, dada tidak montok atau pinggang kurang ramping, yang berkesan kurang feminin, harus sama mensyukuri dengan yang dikaruniai pola dan bentuk tubuh ideal yang sepenuhnya feminin.

Bentuk tubuh ideal artinya berat harus sesuai dengan tinggi badannya agar tampak serasi dan seimbang. Berat badan ideal untuk mereka yang memiliki tinggi badan 160 cm, adalah 160-100 dan dikurangi lagi 10 persen, yaitu 54 kg. Jika kurang dari berat badan ideal itu, harus dinilai sebagai kurus. Apalagi jika kekurangannya lebih dari 20 persen berat badan idealnya.

Kurus sendiri ada yang sehat,
ada juga yang tergolong tak sehat. Kurus yang sehat berarti memang pola dan bentuk tubuhnya mewarisi sifat yang kurang feminin atau cenderung androgenic atau sedikit komponen gynicnya, atau dapat juga bersifat androgynic perpaduan antara yang feminin dengan yang maskulinnya.

Kurus tergolong tidak sehat jika pola dan bentuk tubuh yang diwarisi seseorang belum mencapai tingkat berat badan yang sesungguhnya bisa dicapainya. Namun karena sesuatu hal, berat badannya belum tercapai penuh. Untuk kasus kekurusan jenis inilah yang dapat diupayakan.


Bagaimana agar tidak tetap kurus dan mencapai berat badan yang seharusnya dapat diraihnya dengan beberapa cara yang sehat berikut ini.


1. MAKAN MEMADAI DAN TERATUR

Makanan merupakan sumber asupan kalori. Seseorang berpeluang mencapai berat badan idealnya jika makanannya memadai dan sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Rata-rata wanita bekerja membutuhkan 2.000-2.500 kalori setiap harinya. Jika dengan porsi makan selama ini ternyata berat badan terlalu kurus, mungkin porsi makan perlu ditambah.

Makanlah 3 kali sehari. Sarapan pagi penting agar tubuh tidak mengambil lemak cadangan tubuh di bawah kulit. Pilih menu yang cukup mengandung lemak. Kalau perlu boleh ditambah telur setiap pagi dan minum susu sedikitnya sebelum tidur malam. Mungkin juga perlu ekstra makan malam. Lebih banyak ngemil selama perut masih bisa diisi. Kemudian kurangi lagi setelah berat badan ideal tercapai dan pertahankan dengan pola dan susunan menu yang telah berhasil menjaga berat badan yang tetap.


2. MENJADI SEPERTI KUCING

Bagi yang kurang suka daging dan ikan harus belajar agar berubah tabiat seperti selera kucing. Karena tubuh tak cukup hanya dengan berpola makan seperti sapi yang bisa gemuk cukup hanya dengan makan dedaunan saja. Kalau perlu tingkatkan makan soto, sate, dan steak.

3. MAKANAN SELINGAN

Perlu diupayakan agar memperoleh makanan selingan di antara dua waktu. Sedikitnya, dua kali dalam sehari. Kita tahu, lambung mengosongkan diri dalam tiga jam, sehingga setiap 3 jam perlu diisi agar ada makanan yang bisa diserap kalorinya. Dengan kalori yang melebihi kebutuhan tubuh inilah, tubuh berpeluang untuk menjadi tidak kurus. Pilih jenis makanan selingan yang manis-manis.

4. BIASAKAN TIDUR SIANG

Tidak semua wanita pekerja dimungkinkan untuk dapat kesempatan tidur siang. Jika memungkinkan, tidur siang sangat membantu. Selain relaksasi, tubuh memanfaatan kalorinya untuk disimpan menjadi lemak cadangan tubuh di bawah kulit yang membentuk kontur tubuh feminin itu. Sekurang-kurangnya memanfaatkan waktu istirahat siang dengan duduk berselonjor.

Sedapatnya tidak sampai begadang dan tidur malam sekurang-kurangnya 8 jam tanpa obat tidur atau cara lain. Jika ada gangguan tidur dadakan ,atasi segera.


5. KURANGI AKTIVITAS FISIK YANG TIDAK PERLU

Gerak badan tetap perlu. Namun tetap perlu membatasi kegiatan fisik berarti tubuh akan membakar lebih banyak kalori yang sebetulnya dapat disimpan menjadi lemak. Kalau tidak perlu mondar-mandir di dalam ruangan kantor atau di dalam rumah, ya, tidak usah dilakukan saja. Tatalah sedemikian rupa agar pemakaian kalori tubuh menjadi seefisien mungkin.

6. SEMBUHKAN PENYAKIT YANG BERAKIBAT KEKURUSAN

Kita tahu ada beberapa penyakit dan gangguan yang dapat membuat tubuh menjadi kurus. Antara lain, TBC, kelenjar gondok, kencing manis, anoreksia, gangguan penyerapan usus atau malabrorbsi, dan kanker.

Pada kasus demikian, kalori terbuang atau kemampuan makan berkurang. Tiada cara yang lebih jitu daripada menyembuhkan penyakit yang menyebabkan kurusnya seseorang. Termasuk baru sembuh dari penyakit berat, pasca-operasi, dan trauma kecelakaan.


7. SELESAIKAN MASALAH YANG ADA

Kebiasaan membiarkan masalah menggantung dapat mengganggu metabolisme tubuh. Keasaman lambung bertambah, selera makan berkurang, begitu pula dengan kurang tidur. Akibatnya, beberapa sistem dalam tubuh dapat terganggu karenanya. Memelihara masalah dapat beerlanjut menjadi penyakit atau gangguan tubuh lainnya yang menambah cepat proses kekurusan tubuh.

8. JAUHKAN HIDUP DARI STRES FISIK DAN PSIKIS BERLEBIHAN

Tidak semua stres bisa kita hindari. Tapi jenis stres yang berat, yang sudah mengganggu keseimbangan faali, tubuh harus kita jauhi. Kerja keras tanpa jeda dan membiarkan diri kita memikul beban kerja dan tanggung jawab yang melebihi kapasitas dan kompetensi, buruk akibatnya. Tubuh kekurangan asupan kalori dan kalori yang sudah sangat kurang ditunggangi pula oleh beratnya pikiran setiap hari.

9. CUKUP MINUM DAN KURANGI PENGELUARAN CAIRAN TUBUH YANG TAK PERLU

Berkeringat berlebihan mengurangi cairan tubuh, apalagi jika asupan minum kurang. Maka perlu tambahan ekstra minum setelah diare dan atasi gejala berkeringat yang berlebihan. Penguapan cairan tubuh dan pengeluaran keringat dapat dikurangi dengan menciptakan ruangan bekerja berudara sejuk. Air Condition (AC) mutlak perlu untuk tidak membuang percuma cairan tubuh.

10. MUNGKIN DIPERLUKAN VITAMIN DAN PERANGSANG NAFSU MAKAN

Vitamin tambahan
tidak berarti emnambah nafsu makan. Vitamin hanya memperlancar mesin tubuh agar optimal memanfaatkan zat makanan yang diterimanya. Namun bagi orang yang terganggu selera makannya, selain butuh vitamin, perlu juga obat perangsang nafsu makan. Tanpa bantuan ini asupan porsi makannya tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari, alih-alih untuk bisa menjadikannya bertambah gemuk.

0 komentar:

Post a Comment

Anda sopan saya segan..Titip Alamat blog anda disini pasti akan saya kunjungi balik

 
Top